Jumat, 01 Maret 2013

TENTARA SULTAN SULU TETAP BERTAHAN DI SABAH

Gambar ilustrasi


ancablogspot (1.3.13)
dikemaskini Jurucakap Jabatan Hal Ehwal Luar Filipina,
Raul Hernandez dilaporkan berkata pencerobohan
pengikut sultan Sulu di Sabah telah tamat.
ABS-CBNnews memetik Hernandez berkata bahawa
pihak berkuasa Malaysia, khususnya pasukan polis,
sedang memburu kumpulan tersebut.
Menurutnya, dua anggota polis Malaysia terbunuh dan
seorang lagi cedera selepas kenderaan mereka
ditembak oleh kumpulan tersebut.
ABS-CBNnews memetik Hernandez sebagai berkata duta
telah memaklumkan bahawa pencerobohan itu telah
tamat.
Hernandez berkata, jabatan halehwal luar (DFA) sedang
mengesahkan laporan dari pengikut Sultan Jamalul
Kiram bahawa 10 pengikut Azzimudie terbunuh dan
empat yang lain cedera.
"Apa yang kita tahu dari duta Malaysia ialah 10 pengikut
Azzimudie menyerah diri dan pemilik rumah tempat
Azzimudie tinggal telah
terbunuh. Di pihak berkuasa Malaysia, dua orang
terbunuh dan seorang cedera selepas kenderaan polis
Malaysia ditembak oleh kumpulan tersebut," demikian
menurt kenyataan Hernandez.
Laporan itu juga menyebut bahawa dua pengikut
Azzimudie telah melarikan diri ke arah laut, menurut
Duta Malaysia.
Manila juga telah meminta kebenaran untuk
membolehkan kapal Tentera Laut Filipina, AT-296 BRP
Tagbanua, ke Lahad Datu untuk
membolehkan kakitangan perubatan Filipina merawat
mereka yang cedera dan membawa pulang baki
anggota kumpulan itu ke kampung dan keluarga
masing-masing.
Sementara itu, akhbar The Star melaporkan polis di
Lahad Datu berkata mereka tidak menerima sebarang
arahan untuk menguatkuasakan perintah darurat.
Ketua Polis Daerah Semporna Timbalan Supt Firdaus
Francis Abdullah berkata mereka semua bersiap sedia,
bersama-sama dengan pasukan keselamatan lain.
"Kami masih belum menerima apa-apa perintah darurat
dari pihak berkuasa atasan," kata Firdaus, sambil
menambah bahawa langkah berjaga-jaga adalah perlu
dan rakyat perlu bertenang.
"Ramai yang bimbang masalah itu akan merebak ke
Semporna, tetapi sebenarnya tidak perlu bimbang di sini
sebagai lelaki bersenjata Sulu telah dikepung di Lahad
Datu," katanya.
Pihak polis juga menasihatkan orang ramai untuk tinggal
di dalam rumah dan jangan mendengar khabar angin.

Sumber: malaysiakini

Salam penulis

ANCA | ancablogspot-anca.blogspot.com

Sent from my BlackBerry® wireless device via Vodafone-Celcom Mobile.

10 JALAN MAUT DI DUNIA

Ilustrasi gambar


ancablogspot (1.3.13)
Inilah jalan-jalan paling berbahaya di dunia yang
memakan korban ratusan orang tewas setiap
tahunnya.

1. Jalan Maut di Bolivia
Jalan Yungas Utara, juga dikenal sebagai jalan maut,
membentang sejauh 61 sampai 69 km dari La Paz
(ibukota Bolivia) ke Coroico di daerah Amazon di
kawasan Yungas, Bolivia. Begitu berbahayanya hingga
melegenda. Pada tahun 1995 Inter American
Development Bank membabtisnya sebagai "jalan
paling berbahaya di dunia". Diperkirakan 200-300
orang tewas tiap tahun di jalan tersebut. Sepanjang
jalan itu banyak salib berdiri menandai banyak tempat
kendaraan-kendaraan mengalami kecelakaan.
Di akhir 2006, setelah dibangun selama 20 tahun,
sebuah jalan baru (by-pass) dari La Paz ke Coroico
dibuka untuk umum. Jalan baru ini mencirikan
konstruksi modern (jembatan, drainase, dll), jalur
ganda, trotoar, pagar pengaman dan banyak elemen
lain yang membuatnya jauh lebih aman dibandingkan
jalan lama. Akibatnya sekarang ini jauh lebih sedikit
orang memakai jalan Yungas Utara yang lama, meski
justru banyak para petualang bersepeda menikmati
sensasi bahaya di sana.

2. Terowongan Guoliang di Cina
Jalan di pegunungan Taihang ini dibangun oleh
penduduk desa setempat. Diperlukan 5 tahun untuk
menyelesaikan terowongan sepanjang 1.200 meter itu,
dengan tinggi kira-kira 5m dan lebar 4m. Sejumlah
penduduk tewas oleh kecelakaan selama
pembuatannya; namun penduduk lainnya dengan
tabah tetap melanjutkannya.
Pada tanggal 1 Mei 1977, terowongan itu dibuka untuk
lalu lintas. Letaknya di provinsi Hunan, Cina.

3. Ruta 5 : Jalan Antara Arica ke Iquique di Chili
Jalan antara Arica ke Iquique ini terkenal
berbahayanya, melalui lembah-lembah teramat dalam
dan berkelok-kelok, serta di dasar lembah nampak
banyak kerangka mobil korban kecelakaan. Kadang-
kadang bila anda di situ menyaksikan mobil dan bis
melintas dengan kecepatan tinggi, anda mungkin
mengira mereka dengan bodohnya menantang maut
atau mereka justru hantu yang sedang lewat.
Penampakan seperti itu dimungkinkan oleh
pemandangan sekitarnya yang sunyi terpencil dan
berwarna membosankan. Maka bila berkendaraan di
sana harus dengan konsentrasi penuh dan
menghindari mengkonsumsi bahan-bahan yang dapat
menyebabkan halusinasi.

4. Jalan Siberia ke Yakutsk di Rusia
Jalan raya federal Rusia ini menghubungkan Moskow
dengan Yakutsk di mana pernah tercatat suhu
terdingin di luar Antartika. Yakutsk adalah kota terbesar
yang pernah dibangun di atas tanah yang selalu beku.
Kebanyakan rumah dibangun diatas balok-balok beton
karena tanahnya beku sepanjang waktu.
Apa hubungan semua itu dengan kenyataan sebagai
salah satu jalan paling berbahaya di dunia?
Selama musim dingin yang kira-kira 10 bulan,
berkendaraan ke dan dari Yakutsk menghadapi
tantangan salju lebat, es dan penglihatan terbatas.
Namun kondisi jalan di musim dingin ini bagaikan
piknik saja bila dibandingkan dengan kondisinya di
bulan Juli dan Agustus ketika hujan musim panas
menghantam jalan tak beraspal itu membuatnya
menjadi kubangan Lumpur.
Jalan tersebut tak bisa diaspal atau diperluas karena
tanahnya selalu beku. Bisa sampai terjadi ribuan
kemacetan lalu lintas di masa seperti itu, dan di saat-
saat kemacetan seperti itu, para pengendara dan
pemakai jalan lainnya yang terjebak, bisa melewatkan
waktu dengan menjarah, berkelahi atau menculik
orang-orang yang lewat. Itulah bajak lumpur Siberia.

5. Jalan Raya Sichuan – Tibet di Cina
Di Cina, angka kematian oleh kecelakaan lalu lintas
hamper berlipat dua selama 20 tahun terakhir
(1985-2005), naik dari 3.9 ke 7.6 per 100.000 warga.
Salah satu penyumbangnya tak pelak lagi adalah jalan
raya Sichuan – Tibet, sebuah jalan di dataran tinggi
antara Chengdu dan Tibet dimana sering terjadi tanah
longsor dan longsoran batu.
Jalan raya tersebut mempunyai panjang 2.412km,
mulai dari Chengdu di Sichuan di sebelah timur dan
berakhir di Lhasa, Tibet di sebelah barat. Jalan itu
membentang melalui Ya'an, Garze dan Chamdo,
menyelusuri 14 gunung yang tingginya rata-rata
4.000-5.000 meter, menyeberangi lusinan sungai
terkenal (seperti sungai Dadu, Jinsha, Lantsang,
Nujiang), melintasi hutan tua dan banyak sekali bagian
berbahaya. Namun dibalik itu, sepanjang jalan tersaji
pemandangan spektakuler dan juga dijumpai budaya
etnis yang unik.

6. Jalan Raya James Dalton di Alaska
Jalan raya James Dalton ini adalah jalan berkerikil
sepanjang 414 mil. Dari belokan Livengood di jalan
raya Elliot, lurus menuju utara, melintasi tundra kutub
sampai ke bagian-bagian paling utara Alaska. Alyeska
membangun bagian jalan yang sulit sepanjang 360
mil, sekarang dikenal sebagai jalan raya Dalton, dari
sungai Yukon ke Teluk Prudhoe, dengan biaya 150 juta
dollar guna memasok fasilitas minyak di dataran utara.
Jembatan jalur pipa menyeberangi sungai Yukon
(sungai ini panjangnya 1875 mil) adalah satu-satunya
tempat penyeberangan sungai di Alaska itu.
Memang ini bukan untuk pengendara yang nyalinya
ciut atau mereka yang memakai kendaraan baru. Itu
masih merupakan rute utama untuk memasok lading-
ladang minyak di Teluk Prudhoe, dan anda harus
berbagi jalan dengan trailer atau traktor yang besar-
besar. Kaca depan mobil maupun lampu depan sering
terkena batu-batu yang terlontar. Kebanyakan
perusahaan rental mobil tidak mau menyewakan
mobilnya bila dipakai melewati Jalan Dalton itu. Truk-
truk yang melaju kencang di jalur tersebut,
melontarkan debu atau Lumpur tebal, membuat
penglihatan hamper-hampir tertutup total. Lubang-
lubang jalan sudah banyak menyebabkan kerusakan
pada kendaraan hingga memerlukan perbaikan,
namun stasiun bensin serta bengkel praktis tak
diketemukan disana. Jangan coba-coba berkendaraan
di jalan Dalton tersebut kecuali anda memakai mobil
berpenggerak 4 roda, membawa CB radio, bekal
bensin cukup, makanan, ban cadangan dan sekoper
perbekalan lain.

7. Jalan Patiopoulo – Perdikaki di Yunani
Ini berupa lintasan sempit, kotor, padat lalu-lintasnya,
membentang dari Patiopoulo ke Perdikaki di Yunani.
Jalannya memiliki tanjakan dan turunan yang curam,
berbahaya sebab banyak lubang besar namun sedikit
pengaman bagi kendaraan yang melintas disitu.
Jalannya sempit, serta di kiri dan kanannya langsung
berhadapan dengan jurang tanpa ada pagar
pengaman atau apapun yang bisa menahan
kendaraan jatuh ke bawah. Setiap tahun banyak orang
tewas disini. Jalan itu dipakai oleh pejalan kaki, ternak,
truk, bus dan mobil. Ini betul-betul jalan yang
berbahaya, sebagian besar hanya ada kerikil di
permukaannya. Tidak ada garis tanda apapun yang
menandai di mana pinggiran jalannya. Malam hari
jalan ini semakin berbahaya dan kebanyakan
kecelakaan terjadi di malam hari.

8. Trollstigen di Norwegia
Trollstigen (tangga Troll) adalah jalan pegunungan di
Rauma, Norwegia. Itu merupakan bagian dari jalan
nasional Noerwegia no. 63 yang menghubungkan
Andalsues di Rauma dengan Valldal di Norddal. Jalan
ini menjadi daya tarik popular bagi para turis karena
kecuramannya yang 9% dan adanya sebelas tikungan
amat tajam yang menanjak di lereng gunung. Makin ke
atas jalan makin menyempit dengan belokan-belokan
tajam. Meski di tahun-tahun belakangan sudah
diperlebar, kendaraan yang panjangnya lebih dari
12.4m dilarang melewati jalan tersebut.
Di puncak tersedia tempat parker yang luas dimana
para turis dapat menyimpan mobil, lalu dari situ
berjalan selama 10 menit ke sebuah ketinggian seperti
balkon. Dari tempat tersebut mereka bisa melihat jalan
dengan segenap belokannya dan juga air terjun
Stigfossen. Air terjun ini nampak indah, mengalir jatuh
setinggi 320m sepanjang tepi gunung.

9. Jalan A682 di Inggris
Jalan A682 ini terletak antara belokan 13 jalan M65
dengan Long Preston, dan menjadi jalan terburuk di
Inggris sebab selama 10 tahun terakhir telah
menyebabkan hamper 100 kecelakaan. Jalan A682 itu
berupa satu jalur sepanjang 14 mil membentang dari
belokan 13 jalan M65 dekat Nelson, Lanchs, ke long
Preston di YorkShire utara. Dalam 3 tahun terakhir,
terjadi 22 kecelakaan berat – dua diantaranya
memakan korban jiwa. Para ahli menyimpulkan setiap
tahunnya terjadi 0.5 kematian untuk setiap 10 mil.
Di waktu subuh hari minggu, jalan itu menjadi favorit
bagi pengendara sepeda motor.

10. Jalan Lintas Stelvio Trollstigen di Italia
Jalan ini merupakan jalan lintas gunung yang tertinggi
di Alpen timur dan kedua yang tertinggi di pegunungan
Alpen sesudah jalan Col de I'lsevon (2.770m). Jalan
lintas Stelvia ini menghubungkan daerah Valtellina
dengan lembah Adige atas serta Merano. Letaknya di
pegunungan Alpen Italia, dekat Bormio dan Sulden,
75km dari Bolzano, dekat perbatasan dengan Swiss.
Meski barangkali tidak segawat jalan-jalan maut
lainnya, namun yang pasti jalan ini mendebarkan
jantung. Buku tur menyarankan bahwa pendakian
paling berat dan spektakuler adalah dari arah Prato,
sedangkan dari arah Bormio lebih ringan. Memiliki 48
tikungan tajam, jalan ini dianggap jalan dengan
rangkaian belokan tajam yang terbaik di pegunungan
Alpen

Sumber: nyebur.com

Salam penulis

ANCA | ancablogspot-anca.blogspot.com


Sent from my BlackBerry® wireless device via Vodafone-Celcom Mobile.

La Pattawe Matinroe ri Bettung Raja Bone ke-9 Tahun 1565-1602

La Pattawe Matinroe ri Bettung Raja Bone ke-9 Tahun 1565-1602 La Pattawe Daeng Soreang Matinroe ri Bettung (Bulukumba) adalah raja Bone ke-9...